TUGAS E BUSSINESS
PERTEMUAN 13
Nama : Mitsya Imaroh Aljaiani
NIM : 19211059
Kelas : 19.5D.01
1. Jelaskan bagaimana cara untuk melakukan promosi
Cara Promosi
a) Melalui e-mail
b) Melalui sms
c) Melalui pembicaraan
d) Melalui iklan
e) Media sosial
f) Kini website dan lainya
2. Jelaskan model-model payment yang dapat digunakan pada e-bussiness
- Model-model E-payment (general)
- Payment Gateway
a. Authentication, ini akan dilakukan sewaktu user login dengan menggunakan nama user
dan passwordnya, apakah cocok atau tidak, jika cocok diterima dan tidak akan ditolak.
Ini biasanya berhubungan dengan hak akses seseorang, apakah dia pengakses yang sah
atau tidak.
b. Integrity adalah sebuah informasi tidak boleh diubah kecuali oleh pemilik informasi.
Terkadang data yang telah terenskripsipun tidak terjaga integritasnya karena ada
kemungkinan chpertext dari enkripsi tersebut berubah. Contoh : Penyerangan
Integritas ketika sebuah email dikirimkan ditengah jalan disadap dan diganti isinya,
sehingga email yang sampai ketujuan sudah berubah.
c. Nonrepudiation, menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan
sebuah transaksi. Sebagai contoh, seseorang yang mengirimkan email untuk memesan
barang tidak dapat menyangkal bahwa dia telah mengirimkan email tersebut.
d. Confidentiality merupakan data yang diberikan ke pihak lain untuk tujuan khusus
tetapi tetap dijaga penyebarannya. Contohnya data yang bersifat pribadi seperti : nama,
alamat, no ktp, telpon dan sebagainya. Confidentiality akan terlihat apabila diminta
untuk membuktikan kejahatan seseorang, apakah pemegang informasi akan
memberikan infomasinya kepada orang yang memintanya atau menjaga klientnya.
Privacy, adalah sesuatu yang bersifat rahasia(provate). Intinya adalah pencegahan agar
informasi tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berhak. Contohnya adalah email
atau file-file lain yang tidak boleh dibaca orang lain meskipun oleh administrator.
Pencegahan yang mungkin dilakukan adalah dengan menggunakan teknologi
enksripsi, jadi hanya pemilik informasi yang dapat mengetahui informasi yang
sesungguhnya.
e. Availability, aspek ini berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat
dibutuhkan/diperlukan. Apabila sebuah data atau informasi terlalu ketat
pengamanannya akan menyulitkan dalam akses data tersebut. Disamping itu akses
yang lambat juga menghambat terpenuhnya aspe availability. Serangan yang sering
dilakukan pada aspek ini adalah denial of service (DoS), yaitu penggagalan service
sewaktu adanya permintaan data sehingga komputer tidak bisa melayaninya. Contoh
lain dari denial of service ini adalah mengirimkan request yang berlebihan sehingga
menyebabkan komputer tidak bisa lagi menampung beban tersebut dan akhirnya
komputer down.
f. Access control / Authority, pemberi ijin terhadap sebuah ojek tertentu secara spesifik.
Akases control sendiri membatasi orang orang yang akan mengakses objek tersebut.
Tanpa adanya akses control, kemungkinan sesuatu (termasuk data) dapat di curi lebih
meningkat.
4. Jelaskan Model-model E-payment (general)
- E-wallet, virtual wallet, merupakan dompet elektronika untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran
- E-cash, digicash adalah bentuk elektronik dari uang yang kita kenal sehari-hari. Digital Cash dapat dibeli dari Bank yang menerbitkannya, cybercash sebuah cara pembayaran yang ditujukan terutama untuk transaksi pembayaran barang-barang yang berharga murah (micropayments) di internet, karena kartu kredit tidak dapat digunakan untuk transaksi yang nilainya di bawah minimum pembelian
- Electronic cheque, cek yang dikeluarkan dalam bentuk elektronik dengan tanda tangan elektronik, bukan tanda tangan tertulis atau segel fisik. Ruang lingkup eCheck meliputi cek menyeberang (batas ke rekening deposito saja), surat promes yang terhutang oleh / melalui bank, dan draft penerimaan bankir.
- First Virtual sebuah perusahaan jasa pelayanan pembayaran transaksi di internet dengan menggunakan kartu kredit. First Virtual bertindak sebagai perantara antara konsumen, pengelola kartu kredit dan pedagang.
- Smartcard-based e-payment, merupakan sebuah kartu yang memiliki perangkat chip kecil yang tertanam di dalamnya
- Paypal, alat pembayaran (Payment Processor) virtual dalam bertransaksi secara online
- E-Gold, mata uang elektronik yang terdaftar resmi dan bisa diterima di seluruh dunia serta mudah ditukarkan dalam mata uang yang berlaku di negara manapun. E-gold bisa ditukar menjadi Rupiah, Dollar, Euro, dan lain-lain dengan cara yang sangat mudah.
- Secpay
- authorize.net
- Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang terdesentralisasi yang memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan dan lain sebagainya.
5. Jelaskan apa saja Jenis Layanan E-Payment
a. Electronic banking
- Hanya cara untuk mengakses servis bank biasa
- Uang baru (model baru)
- Alternatif dari mata uang yang dikeluarkan oleh pemerintah
0 Komentar