E - BUSINESS 12

 

 TUGAS E BUSSINESS
PERTEMUAN 12

Nama : Mitsya Imaroh Aljaiani
NIM   : 19211059
Kelas  : 19.5D.01


1. Jelaskan tahapan pada SCM

TAHAP BASELINE (DASAR)
Masing-masing fungsi bisnis seperti produksi dan pembelian melakukan aktivitas mereka secara sendiri-sendiri dan terpisah dari fungsi bisnis yang lain.

TAHAP INTEGRASI FUNGSIONAL
Sekurang-kurangnya ada penggabungan antara fungsi-fungsi yang melakukan aktivitas hampir sama.

TAHAP INTEGRASI SECARA INTERNAL. 
Diperlukan pengadaan dan pelaksanaan perencanaan kerangka kerja.

TAHAP INTEGRASI SECARA EKSTERNAL. 
Integrasi supply chain yg sebenarnya, diperluas dengan supplier &pelanggan.

2. Jelaskan 2 Aplikasi Internet dalam konteks supply chain management

  • Electronic procurement (e- procurement) e- procurement merupakan aplikasi internet untuk mendukung proses pengadaan.
  • Electronic fulfilment (e- fulfilment) Fulfilement adalah pemenuhanpesanan pelanggan. Beberapa kegiatanyang termasuk proses fulfilment
3. Jelaskan Kegiatan apa saja yang termasuk proses fulfiment
  • Menerima order dari pelanggan, pelanggan bisa memesan melalui email atau web based ordering 
  • Mengelola transaksi, transaksi proses pembayaran
  • Manajemen gudang yang meliputi pengendalian persedian produk dan kegiatan administrasi gudang secara umum. 
  • Manajemen transportasi, keputusan model dan rute transportasi termasuk didalamnya 
  • Komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan informasi status pesanan, dukungan teknis dsb.
  • Kegiatan reverse logistics yang berupa pengembalian produk ke bagian supply chain akibat pengembalian dari pelanggan. 
4. Jelaskan apa saja Tantangan SCM

1. Kompleksitas Struktur Supply Chain

Adanya kompleksitas yang melibatkan internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Internal perusahaan contoh : antara bagian marketing dengan produksi, marketing seringkali membuat kesepakatan dengan pelanggan tanpa mengecek secara baik kemampuan produksi, perubahan jadual produksi secara tiba-tiba karena marketing menyepakati perubahan order dengan pelanggan.
  • Melibatkan banyak pihak dengan kepentingan yang berbedabeda(bertentangan?)
  • Perbedaan bahasa, zona waktu dan budaya antar perusahaan
2. Ketidakpastian

Ketidakpastian menimbulkan ketidakpercayaan diri terhadap rencana yang dibuat. Sebagai akibatnya, perusahaan sering menciptakan pengaman di sepanjang supply chain. Pengaman ini bisa berupa safety stock, safety time, atau kapasitas produksi maupun transportasi.
  • Ketidakpastian permintaan 
  • Ketidakpastian pasokan: lead time pengiriman, harga dan kualitasbahan baku, dll 
  • Ketidakpastian internal: kerusakan mesin, kinerjamesin yang tidak sempurna, ketidakpastian kualitas produksi dan lain-lain. 
5. Jelaskan apa saja tahapan dalam SCM yaitu

TAHAP BASELINE (DASAR)
Masing-masing fungsi bisnis seperti produksi dan pembelian melakukan aktivitas mereka secara sendiri-sendiri dan terpisah dari fungsi bisnis yang lain.

TAHAP INTEGRASI FUNGSIONAL
Sekurang-kurangnya ada penggabungan antara fungsi-fungsi yang melakukan aktivitas hampir sama.

TAHAP INTEGRASI SECARA INTERNAL. 
Diperlukan pengadaan dan pelaksanaan perencanaan kerangka kerja.

TAHAP INTEGRASI SECARA EKSTERNAL. 
Integrasi supply chain yg sebenarnya, diperluas dengan supplier &pelanggan.

Posting Komentar

0 Komentar