TUGAS E BUSSINESS
PERTEMUAN 6
Nama : Mitsya Imaroh AljaianiNIM : 19211059Kelas : 19.5D.01
1. Jelaskan Tahapan Apa Saja Yang Diperlukan Pada E-Goverment Ada 4 tahapan yang diperlukan pada e-goverment yaitu :- Implementasi yaotu memperkenalkan kemunculannya pada masyarakat
- Pengembagan yaitu situs pemerintahan bertambah, informasi menjadi semakin dinamis
- Interakatif yaitu user bisa membayar layanan secara online
- Full electronic yaitu e-goverment sudah terintegrasi diseluruh sektor pemerintah
2. Jelaskan Jenis - Jenis E-Goverment Dan Berikan Contohnya- Government to Citizen (G2C) contoh seperti : informasi
menganai pajak online, layanan jaminan sosial, mencari lowongan pekerjaan, dan
sebagainya.
- Government to Business (G2B) Contohnya seperti : informasi menganai pajak perseroan, peraturan pemerintah (hukum bisnis),
pendaftaran perusahaan, peluang usaha atau bisnis, dan sebagainya.
- Government to Government (G2G) contohnya: dan lain sebagainya. Atau
informasi menganai blogging untuk kalangan legislative, konsultasi secara online,
pelayanan kepada masyarakat secara terpadu, pendidikan secara online, dan
sebagainya
- Government to Employees (G2E) contohnya: www.sdm.depkeu.go.id dan lain-lain.
- Government to Citizen (G2C) contoh seperti : informasi menganai pajak online, layanan jaminan sosial, mencari lowongan pekerjaan, dan sebagainya.
- Government to Business (G2B) Contohnya seperti : informasi menganai pajak perseroan, peraturan pemerintah (hukum bisnis), pendaftaran perusahaan, peluang usaha atau bisnis, dan sebagainya.
- Government to Government (G2G) contohnya: dan lain sebagainya. Atau informasi menganai blogging untuk kalangan legislative, konsultasi secara online, pelayanan kepada masyarakat secara terpadu, pendidikan secara online, dan sebagainya
- Government to Employees (G2E) contohnya: www.sdm.depkeu.go.id dan lain-lain.
3. Jelaskan Tujuan Dan Sasaran E-Goverment
TUJUAN :
- Meningkatkan mutu layanan publik melalui pemanfaatan teknologi IT dalam proses penyelenggaraan pemerintahan
- Terbentuknya pemerintah yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif
- Perbaikan organisasi, sistem manajemen dan proses kerja kepemerintahan.
SASARAN :
- Pembentukan jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang berkualitas dan terjangkau
- Pembentukan hubungan interaktif dengan dunia usaha untuk meningkatkan dan memperkuat kemampuan perekonomian menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional
- Pembentukan mekanisme komunikasi antar lembaga pemerintah serta penyediaan fasilitas bagi partisipasi masyarakat dalam proses kepemerintahan
- Pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien serta memperlancar transaksi dan layanan antar lembaga pemerintah.
4. Jelaskan Apa Saja Hambatan Dalam E-Goverment
- Kultur berbagi belum ada. Kultur berbagi (sharring) informasi dan mempermudah urusan belum merasuk di Indonesia. Bahkan ada pameo yang mengatakan: “Apabila bisa dipersulit mengapa dipermudah?”. Banyak oknum yang menggunakan kesempatan dengan mepersulit mendapatkan informasi ini.
- Kultur mendokumentasi belum lazim. Salah satu kesulitan besar yang kita hadapi adalah kurangnya kebiasaan mendokumentasikan (apa saja). Padahal kemampuan mendokumentasi ini menjadi bagian dari ISO 9000 dan juga menjadi bagian dari standar software engineering.
- Langkanya SDM yang handal. Teknologi informasi merupakan sebuah bidang yang baru. Pemerintah umumnya jarang yang memiliki SDM yang handal di bidang teknologi informasi. SDM yang handal ini biasanya ada di lingkungan bisnis / industri.Kekurangan SDM ini menjadi salah satu penghambat implementasi dari egovernment. Sayang sekali kekurangan kemampuan pemerintah ini sering dimanfaatkan oleh oknum bisnis dengan menjual solusi yang salah dan mahal.
- Infrastruktur yang belum memadai dan mahal. Infrastruktur telekomunikasi Indonesia memang masih belum tersebar secara merata. Di berbagai daerah di Indonesia masih belum tersedia saluran telepon, atau bahkan aliran listrik. Kalaupun semua fasilitas ada, harganya masih relatif mahal. Pemerintah juga belum menyiapkan pendanaan (budget) untuk keperluan ini.
- Tempat akses yang terbatas. Sejalan dengan poin di atas, tempat akses informasi jumlahnya juga masih terbatas. Di beberapa tempat di luar negeri, pemerintah dan masyarakat bergotong royong untuk menciptakan access point yang terjangkau, misalnya di perpustakaan umum (public library). Di Indonesia hal ini dapat dilakukan di kantor pos, kantor pemerintahan, dan tempat-tempat umum lainnya.
5. Jelaskan Bidang - Bidang Apa Saja Yang Terkait Dengan E-Goverment
- Online Sevices adalah bagaimana pemerintah menjalankan fungsinya ke luar baik itu masyarakat maupun kepada pelaku bisnis. Tetapi yang terpenting disini adalah pemerintah menawarkan pelayanan yang lebih sederhana dan mudah kepada pihak yang terkait, contohnya seperti pembayaran retribusi, pajak properti atau lisensi.
- Government Operations adalah kegiatan yang dilakukan dalam internal pemerintah, lebih khusus lagi adalah kegiatan yang dilakukan oleh pegawai pemerintah seperti electronic procurement, manajemen dokumen berbasiskan web, formulir elektronik dan hal-hal lain yang dapat disederhanakan dengan penggunaan internet.
0 Komentar